MANFAAT BARANG BEKAS

Gambar

Didasari oleh kegemaran makan sayur dan kekhawatiran pada sayuran yang di jual di pasaran telah terpapar bahan kimia sintetik, akhirnya diputuskan untuk menanam sayuran sendiri.  Keinginan menanam sayur sendiri ini, telah terencana sejak lama, tetapi masalahnya sekarang tidak adanya lahan yang cukup untuk melakukan kegiatan tersebut.  Coba-coba cari pengetahuan di dunia maya, akhirnya ketemu.  Bahwa untuk sekedar menanam sayuran seperti kangkung, pachoy, caisin atau jenis sawi-sawian, apalagi untuk konsumsi sendiri, tidak lah membutuhkan lahan yang luas.  Wadah atau barang-barang bekas pun dapat digunakan sebagai tempat (pot) bertanam.  Barang bekas tersebut dapat berupa bekas minuman kemasan, wadah makanan dan lainnya.

Saat ini telah memulai usaha tersebut dan bisa dikatakan 50% sudah berhasil.  Dalam satu pot cangkir minuman kemasan dapat ditanam 2 (dua) benih, jadi kalau 10 pot bisa menghasilkan 20 tanaman. Kalau di kira-kira harganya hampir Rp.10.000.-.  Hal ini artinya uang RP. 10.000.- hanya bisa membeli satu ikat sayuran (satu kali beli).  Padahal kalau menanam sendiri, uang Rp. 10.000.- dapat membeli benih caisin ukuran 100 gram yang jumlah benihnya hampir 1000 butir.  Memang untuk kegiatan awal butuh waktu untuk melaksanakannya, tetapi untuk seterusnya akan lebih mudah. 

Gambar

Menanam sayuran sendiri dengan memanfaatkan wadah (pot) bekas, selain dapat memenuhi kebutuhan gizi yang bersumber dari sayuran, juga tidak dikhawatirkan akan adanya sayuran yang dikonsumsi terpapar bahan kimia sintetik yang dapat mengganggu kesehatan. Yang penting adalah mau mengerjakannya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: